Gambaran Kepribadian Dasar, Academic Adjustment, dan Kesehatan Mental Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Semarang Prodi Keperawatan Magelang 2022

kata kunci : kepribadian dasar, academic adjustment, dan kesehatan mental

Proses pembelajaran daring, luring, serta campuran daring dan luring menjadi sebuah stressor tersendiri bagi mahasiswa. Adaptasi pembelajaran tersebut diperlukan agar proses pembelajaran dapat tetap terus berjalan dengan baik. Dari hal tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berhubungan dengan kesehatan jiwa. Variabel kesehatan jiwa yang dapat diukur antara lain kepribadian dasar, akademik adjustment, dan kesehatan mental.

A. Kepribadian Dasar

Kepribadian dasar dapat diartikan sebagai organisasi dinamik dalam diri individu yang merupakan sistem psikofisik. Hal tersebut menentukan penyesuaian diri individu secara unik terhadap lingkungan (Barrick & Ryan,2003).

Kepribadian sendiri menurut Hippocrates terbagi menjadi 4 yaitu sanguinis, koleris, melankolis, dan plegmatis. Masing-masing kepribadian tersebut memiliki ciri khusus.

B. Academic Adjustment

Penyesuaian (adjustment) merupakan hal yang sangat diperlukan untuk keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan akademik. Mahasiswa harus mampu menyesuaikan diri dengan tuntutan akademik tersebut, tuntutan akademik dapat berupa perbedaan lingkungan akademik (terutama untuk mahasiswa perantauan), perbedaan suasana akademik, perbedaan bahasa, dan perbedaan budaya.

Academic adjustment merupakan proses individu dalam menghadapi suatu tantangan sosial, psikologis, dan akademis, setelah masuk pendidikan tinggi (Anderson, Guan, & Koc, 2016).

3 aspek yang terdapat dalam alat ukur academic adjustment :

  1. Academic Lifestyle (gaya hidup akademik), yaitu kecocokan antara individu dan peran sementaranya sebagai mahasiswa
  2. Academic achievement, yaitu kepuasan mahasiswa terhadap performa dan kemajuan akademik
  3. Academic motivation, yaitu dorongan mahasiswa untuk melanjutkan dan menyelesaikan perjalanan akademik mereka.

C. Kesehatan Mental

Menurut (Keyes, 2002), kesehatan mental adalah sekumpulan sindrom yang mengkombinasikan gejala kesejahteraan emosi (emotional well-being), dengan gejala kesejahteraan psikologis, dan kesejahteraan sosial (psychologica and social well-being) (Keyes, 2002).

Kami, selaku sedang melakukan penelitian terhadap Gambaran Kepribadian Dasar, Academic Adjustment, dan Kesehatan Mental Mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang Poltekkes Semarang Tahun 2022. Untuk itu mahasiswa Prodi Keperawatan Magelang Poltekkes Semarang dapat mengakses link dibawah ini untuk bersedia sebagai responden penelitian.

https://bagi.to/formpkm2022

Diharapkan responden dapat mengisi form dengan sejujur-jujurnya tanpa ada paksaan

Seluruh data dan jawaban akan dijaga kerahasiannya dan digunakan sebagaimana mestinya untuk keperluan riset mahasiswa


Daftar Pustaka

Adjustment Mahasiswa Semester Tiga Fakultas Psikologi di Universitas “X” Bandung. Humanitas (Jurnal Psikologi), 2(1), 49-62.


Adjustment Pada Mahasiswa Tahun Pertama (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).


Anderson, Joel R, Guan, Yao and Koc, Yasin (2016) The academic adjustment scale: measuring the adjustment of permanent resident or sojourner students. International Journal of Intercultural Relations

Bahraen, R. (2020). Psikologi Islam yang Sempurna. Muslim Afiyah Pubslishing. Yogyakarta.


Littauer, F. (1992). Personality Flush. Planning H Revell. Amerika


Manjoo, F., (2015). “A Murky Road Ahead for Android, Despite Market Dominance”. The New York Times. ISSN 0362-4331.


Nathania, K., & Edwina, I. P. (2018). Hubungan antara Optimism dan Academic


Open Handset Alliance, (2021). “Android Overview”, http://www.openhandsetalliance.com/android_overview.html


Salsabila A, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Otoritatif Dengan Academic


Stephen, S (2007). “Google’s Android parts ways with Java industry group”. CNET News

You may also like...